Menghadapi Ujian.. (DO'ANYA YA..!!)

Minggu, 09 Desember 2012 // by Unknown // Label: // 0 komentar


Pada saat ini, pada saat lagi panas-panasnya kepala karena lagi menghadapi ujian (final exam), mari kita melakukan hal-hal yang baik. mari ikuti step di bawah ini, siapa tau biasa cocok dengan kamu.

1.    Melengkapi bahan materi kuliah (muzakirah), dan kuasai hingga tuntas.

2.    Hindari mengolok-olok dosen di belakang! Apalagi bila dosen tersebut termasuk ulama yang taat agama, bisa kualat. Sering terjadi, meskipun yakin benar dengan jawaban saat ujian, tapi ia tidak lulus (mulhak) dalam mata kuliah tertentu karena sering mengolok-olok dosen yang bersangkutan.

3.    Mintalah do’a dari keluarga, saudara dan teman-teman sebanyak mungkin. Percaya tidak percaya, Bagi yang menuntut ilmu di perantauan, kekuatan do’a ini sangat dominan mempengaruhi prestasi belajar. 

4.    Bagi yang ujian juga Jangan lupa berdo’a untuk diri sendiri. Karena, usaha tanpa do’a itu namanya sombong dan do’a tanpa usaha adalah sia-sia. Jadi, antara usaha dan do’a harus seiring. Doa yang sering di gunakan saat menghadapi ujian :

Membaca Surah Alam Nasyrah tiga kali , lalu membaca do’a :

اللهم لا سهل إلا ما جعلته سهلا فإنك تجعل الحزن إن شئت سهلا
“Ya Allah, ya Tuhan kami.. Tidak ada kemudahan kecuali Engkau yang mendatangkan kemudahan itu, dan jika Engkau berkehendak, segala yang susah dapat menjadi mudah”

5.    Perhatikan petunjuk soal dengan teliti. Sering kali kita ceroboh, ada soal yang hanya memerintahkan kita untuk menjawab sebahagian saja dan ada soal yang memang memerintahkan kita untuk menjawab semuanya. Ingat ungkapan :

فهم   السؤال نصف الإجابة
“Memahami pertanyaan adalah sebagian dari jawaban”

6.    Jangan terpengaruh kawan yang sudah selesai dan meninggalkan ruangan, kerjakan hingga semua perintah terjawab.

7.    Usahakan tulisan serapi mungkin. Jangan seperti perunpamaan orang arab :
 
مثل النمل يجري في الرمل
 
“Seperti semut yang berjalan di pasir” 
 
Kalau ungkapan orang Indonesia ; Seperti cakar ayam. Kasian dosen yang periksa, imbasnya nilai bisa anjlok.

8.    Percaya pada diri sendiri. Jangan coba-coba nyontek, akibatnya bisa dikeluarkan dari ruang ujian dan mata kuliat tersebut bisa dipastikan tidak lulus (mulhak).

Selamat mengikuti ujian …buat yang sedang ujian seperti saya ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer